Makalah Otonomi Daerah Untuk Pembangunan Ekonomi Daerah

Pembangunan ekonomi daerah adalah suatu proses dimana pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sumber daya yang ada dan membentuk suatu pola kemitraan antara pemerintah daerah dengan sektor swasta untuk menciptakan suatu lapangan kerja baru dan merangsang perkembangan kegiatan ekonomi pertumbuhan ekonomi dalam wilayah tersebut. Alasan ini mendasari mengapa studi tentang pembangunan ekonomi dalam.


Pin Di Berbagi

Tapi bagaimanapun tidak dapat dipungkiri bahwa otonomi daerah dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan di Indonesia.

Makalah otonomi daerah untuk pembangunan ekonomi daerah. Dengan berlakunya undang-undang Nomor 22 tahun 1999 dan telah di ubah menjadi Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah maka terjadi pula pergeseran dalam pembangunan ekonomi yang tadinya bersifat sentralistis mengarah pada desentralisasi yaitu dengan memberikan keleluasaan kepada daerah untuk membangun wilayahnya termasuk pembangunan. Hal ini jelas karena dengan dilaksanakannya otonomi daerah dan desentralisasi pembangunan maka aktifitas pembangunan daerah termasuk daerah terbelakang akan dapat lebih digerakan karena ada wewenang yang. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembangunan daerah merupakan salah satu langkah konkret guna melaksanakan pembangunan.

Perubahan dilatarbelakangi oleh kehendak untuk menampung semangat otonomi daerah dalam memperjuangkan kesejahteraan masyarakat daerah. Hakikat Otonomi Daerah – Berdasarkan pengertian-pengertian otonomi daerah tersebut dapat disimpulkan bahwa hakikat otonomi daerah adalah sebagai berikut. Pembangunan ekonomi tak dapat lepas dari otonomi daerah karena pembangunan dapat dilakukan dengan maksimal jika otonomi daerah sudah diimplementasikan dengan baik.

Kewenangan ini menjadi sebuah impian karena sistem pemerintahan yang sentralistik cenderung menempatkan daerah sebagai pelaku pembangunan yang tidak begitu penting atau pinggiran. PEMBAHASAN MASALAH APengertian Otonomi DaerahOtonomi berasal dari 2 kata yaitu auto berarti sendirinomos berarti rumah tangga atau urusan pemerintahanOtonomi dengan demikian berarti mengurus rumah tangga sendiriDengan mendampingkan kata ekonomi dengan kata daerahmaka istilah mengurus rumah tangga sendiri mengandung makna. Memang tidak disangkal lagi bahwa otonomi daerah membawa perubahan positif di daerah dalam hal kewenangan daerah untuk mengatur diri sendiri.

PENGERTIAN OTONOMI DAERAH Otonomi daerah dapat diartikan sebagai hak wewenang dan kewajiban yang diberikan kepada daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat dan pelaksanaan pembangunan. Pembangunan ekonomi dalam era otonomi daerah di Indonesia saat ini maka setiap daerah kabupaten atau kota tidak terkecuali daerah otonomi baru Kabupaten Pegunungan Bintang berusaha menata dan pengarahkan pembangunannya pada berbagai bidang dan sektor kegiatan. Dengan berlakunya undang-undang Nomor 22 tahun 1999 dan telah di ubah menjadi Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah maka terjadi pula pergeseran dalam pembangunan ekonomi yang tadinya bersifat sentralistis mengarah pada desentralisasi yaitu dengan memberikan keleluasaan kepada daerah untuk membangun wilayahnya termasuk pembangunan dalam bidang.

Dengan berlakunya undang-undang Nomor 22 tahun 1999 dan telah di ubah menjadi Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Otonomi Daerah maka terjadi pula pergeseran dalam pembangunan ekonomi yang tadinya bersifat sentralistis mengarah pada desentralisasi yaitu dengan memberikan keleluasaan kepada daerah untuk membangun wilayahnya termasuk pembangunan dalam bidang. Makna otonomi daerah adalah daerah mempunyai hak wewenang dan kewajiban untuk mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan peundang-undangan yang berlaku Pusat Bahasa 2001. Kedua otonomi daerah dan desentralisasi fiskal merupakan langkah strategis bangsa Indonesia untuk menyongsong era globalisasi ekonomi dengan memperkuat basis perekonomian daerah.

Karim Abdul Gaffar 2003 Kompleksitas Otonomi Daerah di Indonesia Yogyakarta Pustaka Pelajar. Pembangunan daerah Pembangunan Daerah merupakan suatu usaha yang sistematik dari berbagai pelaku baik umum pemerintah swasta maupun kelompok masyarakat lainnya l ainnya pada tingkatan yang berbeda untuk menghadapi saling ketergantungan dan keterkaitan keterkait an aspek fisik sosial ekonomi dan aspek lingkungan lainnya sehingga peluang baru untuk meningkatkan kesejahteraan. Rumusan MasalahMakalah ini di buat dengan rumusan masalah.

OTONOMI DAERAH Seiring dengan perubahan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945 kebijakan tentang Pemerintahan Daerah mengalami perubahan yang cukup mendasar. Pada hakekatnya otonomi daerah adalah upaya untuk mensejahterakan masayarakat melalui pemberdayaan potensi daerah secara optimal. Dalam membangun ekonomi di daerah diperlukan strategi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya fluktuasi ekonomi sektoral yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesempatan kerja.

Daerah memiliki wewenang untuk. Syaukani dkk 2009 Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan Yogyakarta. Hal-hal yang mendasar dalam undang-undang ini adalah kuatnya upaya untuk mendorong pemberdayaan masyarakat pengembangan prakarsa dan kreativitas peningkatan peran serta masyarakat dan.

Otonomi berasal dari 2 kata yaitu auto berarti sendirinomosberarti rumah tangga atau urusan pemerintahanOtonomi dengan demikian berarti mengurus rumah tangga sendiriDengan mendampingkan kata ekonomi dengan kata daerahmaka istilah mengurus rumah tangga sendiri mengandung makna memperoleh kekuasaan dari pusat dan mengatur atau menyelenggarakan rumah tangga pemerintahan daerah. Jika tiap daerah dapat mengembangkan potensi daerahnya masing-masing maka hal tersebut akan menciptakan sebuah atmosfer yang baik dalam program pembangunan pemerintah pusat. Daerah memiliki hak untuk mengatur dan mengurus rumah tangga pemerintahan sendiri baik jumlah macam maupun bentuk pelayanan masyarakat yang sesuai kebutuhan daerah masing-masing.

Makalah Peningkatan Otonomi Daerah dan Pengembangan Ekonomi Daerah Keuangan Daerah STIM YAPIM MAROS 2. BAB I PENDAHULUAN 11 Latar Belakang Dengan berlakunya Undang-undang Nomor 23 tahun 2004 tentang perubahan atas UU Nomor 22 tahun 1999 tentang Otonomi daerah maka terjadi pula pergeseran dalam pembangunan ekonomi yang tadinya bersifat sentralisasi terpusat sekarang mengarah kepada desentralisasi yaitu dengan memberikan keleluasaan kepada daerah untuk membangun wilayahnya termasuk pembangunan. Pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi pembangunan juga dapat digunakan untuk mengurangi tingkat ketimpangan pembangunan antar wilayah.

Leave a Comment